Makanan Penurun Trigliserida dan Kolesterol

Trigliserida adalah jenis lemak yang terdapat di dalam darah dan merupakan hasil dari uraian tubuh pada makanan yang mengandung lemak dan kolesterol yang telah dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh yang dibentuk di hati. Trigliserida yang belebih di dalam tubuh akan disimpan di dalam jaringan kulit sehingga tubuh akan terlihat gemuk. Banyak sekali penyebab trigliserida tinggi dalam tubuh. Seperti halnya dengan kolesterol, kadar triglisrida yang terlalu berlebihan di dalam tubuh juga dapat membahayakan kesehatan. 

Makanan Penurun Trigliserida dan Kolesterol


Dalam mengatasi trigliserida yang berlebih di dalam tubuh, ada beberapa makanan penurun trigliserida dan kolesterol yang dapat membantu anda dalam menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih di dalam tubuh secara alami , dianataranya :
  • Buah dan Sayuran

Buah dan sayur yang dapat menurunkan kadar trigliserida adalah terutama yang mengandung vitamin C dan betakaroten yang tinggi, seperti semua jenis berry, anggur, mangga, jeruk, brokoli dan jambu.
  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenug tunggal dan vitamin E yang dapat menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat dan menaikkan kadar HDL. Seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi harus menurunkan LDL dan meningkatkan HDL yang dapat dilakukan oleh minyak zaitun. Campurkan 2 sendok minyak zaitun pada salad untuk menaikkan kolesterol baik di dalam tubuh.
  • Oatmeal dan Makanan Berserat Tinggi

Oatmeal mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Serat yang larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Mengonsumsi 10 g serat dapat mengurangi total kolesterol termasuk LDL.
  • Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Biji-bijian seperti kedelai, lentil dll mengandung serat yang tinggi dan secara umum sangat rendah lemak dan sama sekali tidak mengandung kolesterol. Apalagi jika biji-bijian mengandung indeks glikemik rendah dan itu berarti bahwa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan ini dalam perut sehingga anda tidak mudah merasa lapar. Jenis kacang lain yang juga dapat menurunkan kolesterol diantaranya  kacang almond dan kenari. Kenari yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat. Dengan mengonsumsi 43,5 g kacang-kacangan dapat membantu dalam menurunkan resiko penyakit jantung, dengan catatan kacang-kacangan tersebut tidak diberi tambahan garam atau gula.
  • Ikan dan Makanan Mengandung Omega-3

Di dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa dengan mengonsumsi ikan tiga kali atau lebih dalam sehari dapat menurunkn resiko penyakit jantung. Hal ini karena ikan mengandung omega-3. Kandungan omega-3 terbaik dapat diperoleh dari ikan salmon, tuna dan sardine. Alangkah lebih baik jika ikan tersebut dikonsumsi dengan dikukus daripada menggoreng yang malah menambah lemak.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan trigliserida serta kolesterol jahat di dalam tubuh anda secara alami. Memiliki pola makan yang bergizi dan mengonsumsi makanan yang telah dijelaskan di atas adalah cara sederhana yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung :)


Related Posts:

0 Response to "Makanan Penurun Trigliserida dan Kolesterol"

Post a Comment